MAKALAH
MATEMATIKA
TENTANG
STATISTIK
Oleh:
NAMA :
ABDUL WASIB
KELAS : XII
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN (SMK)
BUSTANUL
ULUM
Tagangser
Laok Waru Pamekasan
STATISTIKA
PENGANTAR :
Modul ini kami susun sebagai salah satu sumber belajar untuk siswa agar
dapat dipelajari dengan lebih mudah. Kami menyajikan materi dalam modul ini
berusaha mengacu pada pendekatan kontekstual dengan diharapkan matematika akan
makin terasa kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
STANDAR
KOMPETENSI : 1. Menggunakan aturan statistika, kaidah
pencacahan, dan sifat-sifat peluang
dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI
DASAR : 1. Membaca
data dalam bentuk table dan diagram batang, garis, lingkaran dan ogive.
2. Menyajikan data dalam bentuk table dan diagram
batang, garis, lingkaran dan ogive serta penafsirannya.
TUJUAN PEMBELAJARAN
: 1. Siswa dapat membaca sajian data dalam bentuk diagram garis, diagram
lingkaran dan diagram batang.
2.
Siswa dapat mengidentifikasi nilai suatu data yang ditampilkan pada table dan
diagram.
3.
Siswa dapat menyajikan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran dan
ogive serta penafsirannya.
4.
Siswa dapat menafsirkan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran dan
ogive.
5.
Siswa dapat membaca sajian data dalam bentuk table distribusi frekuensi dan
histogram.
6.
Siswa dapat menyajikan data dalam bentuk table distribusi frekuensi dan
histogram.
KEGIATAN BELAJAR :
I. Judul sub kegiatan belajar :
· Menyajikan data ukuran menjadi data statistic
diskriptif
· Penyajian data dalam bentuk diagram
· Data Distribusi Frekuensi, Frekuensi Relatif
dan Frekuensi Kumulatif
II. Uraian materi dan contoh
Menyajikan data ukuran menjadi data
statistic diskriptif
1. Memahami Statistik, populasi dan sample
Statistika adalah ilmu pengetahuan tentang cara-cara
pengumpulan data, pengumpulan data, penyusunan data, penyajian data serta
penarikan kesimpulan.
Statistik
adalah kumpulan fakta yang
umumnya berbentuk bilangan / agka dan disajikan dalam bentuk table atau diagram
sehingga dapat menggambarkan suatu masalah.
Populasi
adalah keseluruhan objek yang
akan diteliti.
Sampel
adalah sebagian dari populasi
yang benar-benar diteliti
2. Memahami statistic lima serangkai
Statistik
peringkat adalah penyusunan
data dari yang terbesar sampai yang terkecil (diurutkan)
Statistik
ekstrim :
·
Statstik
minimum adalah nilai datum terkecil dilambangkan x1
·
Satistik
maksimum adalah nilai datum terbesar dilambangkan xn
Kuartil
·
Kuartil
bawah/pertama (Q1)
·
Median /
kuartil kedua (Q2)
·
Kuartil
ketiga/atas (Q3)
Kelima data statistic X1, Q1,
Q2, Q3, Xn disebut statistic lima serangkai. Bagannya sbb:
Q2
=…
Q1 =…
|
Q3 =…
|
X1 =…
|
X2 =…
|
C. Memahami jangkauan data,
Jangkauan antar kuartil
Jangkauan/ Range adalah
selisih mutlak kedua statistic ekstrim/ data terbesar dikurang data terkecil
J = Xn – X1 = Xmax – Xmin
Jangkauan antar kuartil / Hamparan adalah selisih Q3 dan Q1
H = Q3 –Q1
Jangkauan
semi interkuartil ( Simpangan
kuartil)
Qd = ½ (Q3- Q1)
Rataan
Quartil = ½ (Q3 – Q1)
Rataan tiga kuartil = ¼ ( Q1 + 2Q2
+ Q3)
Penyajian
data dalam bentuk diagram
A. Data Ukuran (Kontinu) dan Data Cacahan(Deskrit)
Data adalah keterangan atau fakta mengenai sesuatu
persoalan
Data
kualitatif adalah data
kategori missal; rusak, baik, senang, puas.
Data
kuantitatif adalah data
berbentuk bilangan missal: dat berat badan, banyak siswa dll.
Ada 2 jenis data kuantitatif:
1. Data ukuran ( kontinu) yaitu data yang
diperoleh dengan cara mengukur. Misal: tinggi menara 30 m, berat badan 50 kg
dll.
2. Data cacahan ( deskrit) yaitu data yang
diperoleh dengan cara menghitung. Misal: jumlah siswa kls XI IPA 1 ada 30 anak
SMA 13 mempunyai 20 ruang kelas.
B. Diagram Batang, Diagram
Lingkaran dan Diagram Garis
1. Diagram Batang adalah penyajian data
statistic yang menggunakan persegi panjang atau batang dengan lebar batang sama
dengan jarak antara batang yang satu dengan yang lainnya, serta dilengkapi
dengan skala sehingga ukuran datanya dapat dilihat dengan jelas.
2. Diagram Lingkaran
adalah penyajian data statistic dengan menggunakan gambar yang berbentuk daerah
lingkaran.
3. Diagram Garis
adalah penyajian data statistic dengan menggunakan gambar berbentuk garis
lurus.
4. Diagram Batang
Daun yaitu teknik penyajian data dalam bentuk batang dan daun yang bertujuan
untuk menampilkan data yang akurat darai suatu opservasi.
5. Diagram Kotak
Garis (DKG) adalah diagram yang berupa kotak dan garis dengan ketentuan sbb:
·
Data
statistic yang dipakai untuk menggambar DKG adalah statistic lima serangkai
·
Diagram
tersebut berbentuk seperti kotak seperti persegi panjang dan mempunyai ekor ke
kiri dan ke kanan yang berupa garis.
·
DKG
meliputi jangkauan antar kuartil atau hamparan dan data yang berada di dalam
kotak adalah median dan kuartil bawah (Q1) serta kuartil atas (Q3).
·
Persegi
panjang yang mempunyai ekor memeanjang kekiri dan kekanan mencakup semua data (
kecuali pencilan)
·
Pencilan
adalah data yang letaknya diluar pagar dalam dan pagar luar biasanya diberi
tanda * .
·
Q1 Q2 Q3
+
|
X1 Xn
Data
Distribusi Frekuensi, Frekuensi Relatif dan Frekuensi Kumulatif
A. Daftar Distribusi Frekuensi Tunggal
Nilai ulangan matematika dari 40 siswa :
8 5 7
4 4 5 7 7
6 4 7
6 6 5
4 8 8
7 6 5
5 6 7
8 4 5 7 6
7 6 7
7 6 6
8 6 6
4 4 5
Data di atas dapat disajikan
dalam bentuk distribusi frekuensi data tunggal:
Nilai
|
Turus
|
Frekuensi
|
4
5
6
7
8
|
|
7
7
11
10
5
|
Jumlah
|
|
∑f = 40
|
B. Daftar Distribusi Frekuensi Data
Kelompok
Nilai ulangan matematika dari 100 siswa:
Nilai
|
Frekuensi
|
30 – 34
35 – 39
40 – 44
45 – 49
50 – 59
60 – 64
65 – 69
70 – 74
|
3
7
12
17
25
18
13
5
|
Jumlah
|
∑f = 100
|
Beberapa istilah yang adarekuensi data
kelompok:
1. Kelas interval
Kelompok-kelompok data seperti 30 – 34, 35 –
39, …, 70 – 74 disebut kelas interval.
2. Batas kelas
Bilangan 30, 35, …70 disebut batas bawah kelas,
sedangkan 34, 39, … ,74 batas atas kelas.
3. Tepi kelas
Tepi bawah = batas bawah - 0,5 satuan terkecil.
Tepi atas = batas atas – 0,5 satuan terkecil.
4. Panjang kelas / lebar kelas
Panjang kelas = tepi atas – tepi bawah kelas
5. Titik tengah kelas
Titik tengah kelas = ½ ( batas bawah + batas
atas )
Langkah-langkah untuk membuat daftar distribusi
frekuensi data kelompok:
1. Menentukan jangkauan
J = X max – X min = Xn – X1
2. Menentukan banyaknya kelas interval
Biasanya diambil paling sedikit 5 kelas dan
paling banyak 15 kelas.
Atau menggunakan aturan Strungers:
k = 1+ 3,3 log n
k = banyaknya kelas
n = banyaknya data
3. Menentukan panjang kelas interval
p = jangkauan .
banyaknya kelas
4. Menentukan batas kelas dimana semua nilai
tercakup di dalamnya.
5. Menentukan nilai frekuensi tiap kelas dengan
turus.
C. Distribusi Frekuensi Relatif
Frekuensi relatif adalah banyaknya data
(frekuensi ) yang dihitung dengan prosen.
Frekuensi Relatif = fi
. x 100%
∑fi
Contoh :
Nilai
|
Frekuensi
|
Frekuensi Relatif (%)
|
36 – 44
45 – 53
54 – 62
63 – 71
72 – 80
81 – 89
90 – 98
|
2
5
6
12
8
4
3
|
5
12,5
15
30
20
10
7,5
|
Jumlah
|
|
100
|
Frekuensi relative untuk kelas pertama = 2
x 100%
40
D. Distribusi frekuensi kumulatif
Ada 2 macam daftar
distribusi frekuensi kumulatif yaitu:
1. Daftar distribusi frekuensi kumulatif kurang
dari.
2. Daftar distribusi frekuensi kumulatif lebih
dari.
E. Histogram, Polygon Frekuensi dan Ogive
·
Histogram merupakan diagram batang dimana batang-batangnya saling
dihimpitkan.Apabila tengah tiap sisi atas batang dihubungkan satu sama lain
diperoleh polygon frekuensi.
·
Ogive positive merupakan grafik yang disusun berdasarkan
table frekuensi kumulatif kurang dari.
·
Ogive negative merupakan grafik yang disusun berdasarkan
table frekuensi kumulatif lebih dari.
III. Latihan
1. Hasil ulangan
matematika dari 15 siswa sbb:
9 7
6 8 9
7 6 4
5 6 8 7 7
8 5
Tentukan:
a. statistic
peringkat
b. nilai ekstrim
c. median
d. kuartil bawah
dan kuartil atas
e. statistic lima serangkai
2. Diketahui data
: 12 30 16
39 46 26
15 36 20
21 27 31
38 19 24
13 15 17
43 45
Tentukan : a. Nilai
ekstrim
b. Kuartil atas dan
kuarti bawah
c. jangkauan
d. Hamparan
e. Simpamgan kuartil
f. Rataan kuartil
g. Rataan tiga kuartil
3. Tabel di bawah ini
menunjukkan nilai matematika di suatu kelas.
Nilai
|
Frekuensi
|
40 –
46
47 –
53
54 –
60
61 –
67
68 –
74
75 –
81
82 –
88
|
2
5
7
10
8
6
2
|
Tentukan :
a. banyaknya interval kelas
b. panjang interval kelas
c. batas bawah interval kelas ke 3
d. batas atas interval kelas ke 2
e. tepi bawah interval kelas ke 4
f. tepi atas interval kelas ke 5
g. frekuensi yang terbesar terletak pada interval
kelas ke…
4. Skor nilai ulangan matematika kelas XI SMA
di suatu sekolah sbb:
32
47 60 48
32 42 31
39 23 24
22 23
41 49 42
54 46 26
52 31
43 49
27 29 37
29 49 32
45 30
47 26
57 47 35
63 38 38
42 34
20 57
45 25 36
30 51 45
42 34
41 45
59 24 24
44 63 69
45 38
21 18
54 41 35
48 59 31
42 33
62 42
46 24 61
17 53 34
38 28
48 19
39 25 56
47 43 42
52 61
54 20
42 36 43
51 44 24
57 24
a. Buatlah daftar distribusi
frekuensi data kelompok
b. Gambarlah diagram
histogram dan polygon frekuensi
c. Buatlah distribusi
frekuensi kurang dari dan lebih dari
d. Gambarlah kurva ogive
positif dan ogive negatif.
Title : MATEMATIKA KELAS XII SMK
Description : MAKALAH MATEMATIKA TENTANG STATISTIK Oleh: NAMA : ABDUL WASIB KELAS : XII ...
Description : MAKALAH MATEMATIKA TENTANG STATISTIK Oleh: NAMA : ABDUL WASIB KELAS : XII ...
0 Response to "MATEMATIKA KELAS XII SMK "
Posting Komentar